Cara Menghitung Return Saham

Cara Menghitung Return Saham
Cara Menghitung Return Saham

Bagaimana kinerja saham dihitung? Level 1: perhitungan profitabilitas saham berdasarkan kenaikan atau penurunan harga saham. kami membeli beberapa saham perusahaan telekomunikasi Verizon 5 tahun yang lalu seharga $45 per saham, yang saat ini diperdagangkan pada $60 per saham. Pengembalian yang kita peroleh hanya pada saat harga saham naik adalah selisih antara harga saham saat ini dengan harga saham pada saat pembelian di loket, dibagi dengan harga saham pada saat pembelian beli dalam penyebut. $60,04 dikurangi $45,23, dibagi $45,23. Ini setara dengan $ 14,81 dibagi $ 45,23, yang merupakan keuntungan 33% dari harga saham selama 5 tahun. Simak Cara Menghitung Return Saham berikut ini.

Jika Anda menerjemahkan ini ke dalam pengembalian tahunan dengan cara yang sangat sederhana (membagi 33% dengan 5), Anda mendapatkan pengembalian sekitar 6,5% setiap tahun. Ini bekerja dengan baik dan sebenarnya merupakan jawaban utama untuk saham yang tidak membayar dividen, tetapi perhitungan pengembalian saham ini tidak memberikan gambaran lengkap tentang di mana perusahaan membayar dividen (seperti Verizon). Pada level 2, kami menghitung kinerja saham berdasarkan kenaikan atau penurunan harga saham dan dividen yang diterima. Keuntungannya adalah ini memungkinkan Anda untuk membandingkan kinerja saham bahkan jika beberapa saham mungkin memiliki kenaikan tinggi dan dividen rendah, dan yang lain mungkin memiliki kenaikan rendah dan dividen tinggi.

Cara Menghitung Return Saham

Untuk mengambil data tentang dividen yang dibayarkan, kami biasanya membuka situs web Hubungan Investor perusahaan dan mencari riwayat dividen. kami dapat mengumpulkan semua dividen triwulanan selama 5 tahun terakhir, baik di komputer atau di spreadsheet. Rumus terbaru untuk menghitung kinerja saham adalah perubahan harga saham ditambah dividen di counter, dibagi dengan harga saham pada saat akuisisi di penyebut. $14,81 ditambah $1,86 dibagi $45,23. Ini adalah $26,67 dibagi $45,23, atau 59% dari total pendapatan selama 5 tahun. Membagi total pengembalian ini dengan 5 lagi, ini setara dengan sekitar 12% per tahun. Gambaran kinerja saham yang jauh lebih lengkap, dibandingkan dengan hanya berfokus pada keuntungan tahunan sebesar 6,5% dari harga saham! Kami dapat lebih meningkatkan akurasi perhitungan kami dengan menganalisis pendapatan harga saham dan dividen yang diinvestasikan kembali.

Ini membutuhkan spreadsheet yang lebih besar atau penggunaan alat online. Jika Anda memasukkan “total pengembalian saham termasuk komputer rollover” ke dalam mesin pencari, layar seperti ini akan muncul di mana Anda dapat memasukkan simbol saham (dalam kasus kami, VZ untuk Verizon), jumlah awal (dalam Kasus kami 1). saham dibeli dengan harga $ 45,23) dan tanggal mulai dan akhir periode yang ingin Anda hitung total pengembalian pemegang saham. Omong-omong, DRIP adalah singkatan dari rencana reinvestasi dividen: dividen investor secara langsung diinvestasikan kembali dalam saham, menghasilkan pengembalian tambahan.

Hasil dari alat online adalah grafik seperti ini, ditambah angka di sini di kiri bawah yang menunjukkan nilai harga saham ditambah dividen yang diinvestasikan kembali pada akhir periode waktu. Formula kami yang diperbarui untuk menghitung pengembalian ekuitas adalah nilai akhir dikurangi nilai awal, dibagi dengan nilai awal. $76.92 dikurangi $45.23 dibagi $45.23. Itu $31,69 dibagi $45,23, atau keuntungan 70% selama 5 tahun. Membagi ini atas dasar “linier”, ini sama dengan pengembalian 14% per tahun. Keuntungan “garis lurus” sebesar 14% ini berbeda dengan hasil instrumen online yang menyebutkan 11%. Hal ini karena instrumen lebih akurat menghitung pertumbuhan majemuk.

Jika Anda meningkatkan $ 45 sebesar 11% di tahun 1, kemudian naik 11% tambahan di tahun 2 dan 11% lagi di tahun 3, dan seterusnya, Anda mendapatkan $ 77 pada kurva eksponensial. Anda dapat menemukan informasi yang sama dengan memeriksa laporan tahunan perusahaan. Total pengembalian 5 tahun untuk perusahaan (dalam hal ini Verizon, diwakili oleh garis merah pada grafik), dibandingkan dengan total pengembalian indeks S&P 500 (abu-abu gelap), serta total pengembalian untuk industri tertentu. indeks (abu-abu muda).

Grafik menunjukkan berapa banyak uang yang akan Anda miliki setelah 5 tahun, jika Anda memulai dengan $100 dan menginvestasikan kembali dividen di sepanjang jalan. Secara khusus, $100 pada akhir 2014 meningkat menjadi $165 pada akhir 2019. Sejauh ini, pengembalian telah meningkat untuk setiap level tambahan yang telah kami cakup: dari 33% dalam 5 tahun berdasarkan apresiasi harga saham, menjadi 59% dalam 5 tahun berdasarkan perubahan harga saham ditambah dividen, menjadi 70% berdasarkan perubahan harga saham ditambah dividen yang diinvestasikan kembali. Apa yang akan terjadi di level 4? Apakah ada yang lebih baik dari itu? Tidak, tidak, karena pada level 4 kami memperhitungkan biaya transaksi dan biaya layanan, yang menurunkan total profitabilitas.

Anda mengeluarkan biaya transaksi saat membeli saham, dan jika Anda ingin menghitung total pengembalian, Anda juga harus mempertimbangkan biaya transaksi jika Anda menjual saham pada akhir periode 5 tahun. Juga, dalam 5 tahun Anda memiliki saham, bank atau broker Anda kemungkinan membebankan biaya layanan sebagai persentase dari nilai portofolio Anda. Biaya transaksi dan biaya layanan ini tergantung pada broker dan paket tempat Anda berada, jadi kami tidak memasukkan angka aktual apa pun dalam perhitungan di sini, tapi kami pikir Anda mengerti! Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menghitung Return Saham. Semoga dapat menambah wawasan Anda yang sedang belajar saham.